kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 7:1-60 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pembelaan Stefanus
7:1 Kata Imam Besar: "Benarkah demikian?" 7:2 Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran, 7:3 dan berfirman kepadanya: Keluarlah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu. 7:4 Maka keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Dan setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang; 7:5 dan di situ Allah tidak memberikan milik pusaka kepadanya, bahkan setapak tanahpun tidak, tetapi Ia berjanji akan memberikan tanah itu kepadanya menjadi kepunyaannya dan kepunyaan keturunannya, walaupun pada waktu itu ia tidak mempunyai anak. 7:6 Beginilah firman Allah, yaitu bahwa keturunannya akan menjadi pendatang di negeri asing dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya empat ratus tahun lamanya. 7:7 Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka itu akan Kuhukum, firman Allah, dan sesudah itu mereka akan keluar dari situ dan beribadah kepada-Ku di tempat ini. 7:8 Lalu Allah memberikan kepadanya perjanjian sunat; dan demikianlah Abraham memperanakkan Ishak, lalu menyunatkannya pada hari yang kedelapan; dan Ishak memperanakkan Yakub, dan Yakub memperanakkan kedua belas bapa leluhur kita. 7:9 Karena iri hati, bapa-bapa leluhur kita menjual Yusuf ke tanah Mesir, tetapi Allah menyertai dia, 7:10 dan melepaskannya dari segala penindasan serta menganugerahkan kepadanya kasih karunia dan hikmat, ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir. Firaun mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir dan atas seluruh istananya. 7:11 Maka datanglah bahaya kelaparan menimpa seluruh tanah Mesir dan tanah Kanaan serta penderitaan yang besar, sehingga nenek moyang kita tidak mendapat makanan. 7:12 Tetapi ketika Yakub mendengar, bahwa di tanah Mesir ada gandum, ia menyuruh nenek moyang kita ke sana. Itulah kunjungan mereka yang pertama; 7:13 pada kunjungan mereka yang kedua Yusuf memperkenalkan dirinya kepada saudara-saudaranya, lalu ketahuanlah asal-usul Yusuf kepada Firaun. 7:14 Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya. 7:15 Lalu pergilah Yakub ke tanah Mesir. Di situ ia meninggal, ia dan nenek moyang kita; 7:16 mayat mereka dipindahkan ke Sikhem dan diletakkan di dalam kuburan yang telah dibeli Abraham dengan sejumlah uang perak dari anak-anak Hemor di Sikhem. 7:17 Tetapi makin dekat genapnya janji yang diberikan Allah kepada Abraham, makin bertambah banyaklah bangsa itu di Mesir, 7:18 sampai bangkit seorang raja lain memerintah tanah Mesir, seorang yang tidak mengenal Yusuf. 7:19 Raja itu mempergunakan tipu daya terhadap bangsa kita dan menganiaya nenek moyang kita serta menyuruh membuang bayi mereka, supaya bangsa kita itu jangan berkembang. 7:20 Pada waktu itulah Musa lahir dan ia elok di mata Allah. Tiga bulan lamanya ia diasuh di rumah ayahnya. 7:21 Lalu ia dibuang, tetapi puteri Firaun memungutnya dan menyuruh mengasuhnya seperti anaknya sendiri. 7:22 Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya. 7:23 Pada waktu ia berumur empat puluh tahun, timbullah keinginan dalam hatinya untuk mengunjungi saudara-saudaranya, yaitu orang-orang Israel. 7:24 Ketika itu ia melihat seorang dianiaya oleh seorang Mesir, lalu ia menolong dan membela orang itu dengan membunuh orang Mesir itu. 7:25 Pada sangkanya saudara-saudaranya akan mengerti, bahwa Allah memakai dia untuk menyelamatkan mereka, tetapi mereka tidak mengerti. 7:26 Pada keesokan harinya ia muncul pula ketika dua orang Israel sedang berkelahi, lalu ia berusaha mendamaikan mereka, katanya: Saudara-saudara! Bukankah kamu ini bersaudara? Mengapakah kamu saling menganiaya? 7:27 Tetapi orang yang berbuat salah kepada temannya itu menolak Musa dan berkata: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami? 7:28 Apakah engkau bermaksud membunuh aku, sama seperti kemarin engkau membunuh orang Mesir itu? 7:29 Mendengar perkataan itu, larilah Musa dan hidup sebagai pendatang di tanah Midian. Di situ ia memperanakkan dua orang anak laki-laki. 7:30 Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun gunung Sinai di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. 7:31 Musa heran tentang penglihatan itu, dan ketika ia pergi ke situ untuk melihatnya dari dekat, datanglah suara Tuhan kepadanya: 7:32 Akulah Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Maka gemetarlah Musa, dan ia tidak berani lagi melihatnya. 7:33 Lalu firman Allah kepadanya: Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus. 7:34 Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir dan Aku telah mendengar keluh kesah mereka, dan Aku telah turun untuk melepaskan mereka; karena itu marilah, engkau akan Kuutus ke tanah Mesir. 7:35 Musa ini, yang telah mereka tolak, dengan mengatakan: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim? -- Musa ini juga telah diutus oleh Allah sebagai pemimpin dan penyelamat oleh malaikat, yang telah menampakkan diri kepadanya di semak duri itu. 7:36 Dialah yang membawa mereka keluar dengan mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di tanah Mesir, di Laut Merah dan di padang gurun, empat puluh tahun lamanya. 7:37 Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu. 7:38 Musa inilah yang menjadi pengantara dalam sidang jemaah di padang gurun di antara malaikat yang berfirman kepadanya di gunung Sinai dan nenek moyang kita; dan dialah yang menerima firman-firman yang hidup untuk menyampaikannya kepada kamu. 7:39 Tetapi nenek moyang kita tidak mau taat kepadanya, malahan mereka menolaknya. Dalam hati mereka ingin kembali ke tanah Mesir. 7:40 Kepada Harun mereka berkata: Buatlah untuk kami beberapa allah yang akan berjalan di depan kami, sebab Musa ini yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir -- kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia. 7:41 Lalu pada waktu itu mereka membuat sebuah anak lembu dan mempersembahkan persembahan kepada berhala itu dan mereka bersukacita tentang apa yang dibuat sendiri oleh mereka. 7:42 Maka berpalinglah Allah dari mereka dan membiarkan mereka beribadah kepada bala tentara langit, seperti yang tertulis dalam kitab nabi-nabi: Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban sembelihan dan persembahan selama empat puluh tahun di padang gurun itu, hai kaum Israel? 7:43 Tidak pernah, malahan kamu mengusung kemah Molokh dan bintang dewa Refan, patung-patung yang kamu buat itu untuk disembah. Maka Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan, sampai di seberang sana Babel. 7:44 Kemah Kesaksian ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan Allah kepada Musa untuk membuatnya menurut contoh yang telah dilihatnya. 7:45 Kemah itu yang diterima nenek moyang kita dan yang dengan pimpinan Yosua dibawa masuk ke tanah ini, yaitu waktu tanah ini direbut dari bangsa-bangsa lain yang dihalau Allah dari depan nenek moyang kita; demikianlah sampai kepada zaman Daud. 7:46 Daud telah mendapat kasih karunia di hadapan Allah dan ia memohon, supaya ia diperkenankan untuk mendirikan suatu tempat kediaman bagi Allah Yakub. 7:47 Tetapi Salomolah yang mendirikan sebuah rumah untuk Allah. 7:48 Tetapi Yang Mahatinggi tidak diam di dalam apa yang dibuat oleh tangan manusia, seperti yang dikatakan oleh nabi: 7:49 Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku? 7:50 Bukankah tangan-Ku sendiri yang membuat semuanya ini? 7:51 Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu. 7:52 Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh. 7:53 Kamu telah menerima hukum Taurat yang disampaikan oleh malaikat-malaikat, akan tetapi kamu tidak menurutinya."
Stefanus dibunuh -- Saulus hadir
7:54 Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi. 7:55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. 7:56 Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah." 7:57 Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia. 7:58 Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. 7:59 Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku." 7:60 Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Haran a town of upper Mesopotamia,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Haran',son of Terah; brother of Abraham,a Levitical chief of the descendants of Ladan under King David; son of Shimei,as representing the Hebrew name 'Xaran', beginning with a velar fricative,son of Caleb of Judah and Ephah his concubine
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Hemor the father of Shechem.,father of Shechem whose people Simeon and Levi destroyed
 · Ishak the only son of Abraham and Sarah; father of Jacob and Esau
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Mesopotamia the country between the Tigris and Euphrates rivers,the region between (and around) the Tigris and Euphrates Rivers
 · Midian resident(s) of the region of Midian
 · Molokh the national pagan god of the Ammonites (IBD)
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang Mesir descendants of Mizraim
 · orang Midian resident(s) of the region of Midian
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang-orang Mesir descendants of Mizraim
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan


Topik/Tema Kamus: Stefanus | Herodes | Yohanes (Rasul) | Bait Allah /Bait Suci | Musa | Yusuf | Sembah, Penyembahan Berhala | Firaun | Abraham | Pendatang, Orang Asing | Orang Yahudi | Raja Mesir | Sunat | Lihat, Penglihatan | Balas, Membalas Dendam | Jemaah Israel | Midian | Mulia, Kemulian Kristus | Anak Lembu Emas | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 7:2-53 - HAI SAUDARA-SAUDARA DAN BAPA-BAPA, DENGARKANLAH. Nas : Kis 7:2-53 Khotbah Stefanus di depan mahkamah Sanhedrin adalah pembelaan iman seperti yang diberitakan oleh Kristus dan para rasul. Stefanus ...

Nas : Kis 7:2-53

Khotbah Stefanus di depan mahkamah Sanhedrin adalah pembelaan iman seperti yang diberitakan oleh Kristus dan para rasul. Stefanus merupakan pelopor bagi semua orang yang membela iman alkitabiah terhadap mereka yang menentang atau memutarbalikkan ajaran Kristiani, dan dialah syahid yang pertama karena alasan itu. Yesus membenarkan tindakan Stefanus dengan menghormatinya di hadapan Allah Bapa di sorga

(lihat cat. --> Kis 7:55).

[atau ref. Kis 7:55]

Kasih Stefanus akan kebenaran serta kesediaannya untuk mengorbankan hidupnya guna mempertahankan kebenaran itu sangat bertentangan dengan mereka yang kurang perhatikan untuk "berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus" (Yud 1:3) dan mereka yang atas nama kasih, hubungan baik, dan toleransi, tidak merasa perlu untuk menentang para guru palsu dan pemutar balik kemurnian Injil hasil karya kematian Kristus

(lihat cat. --> Gal 1:9;

[atau ref. Gal 1:9]

lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).

Full Life: Kis 7:38 - SIDANG JEMAAH DI PADANG GURUN. Nas : Kis 7:38 Yang dimaksudkan adalah Israel sebagai umat Allah. Dalam bahasa Ibrani kata yang diterjemahkan "gereja" adalah _qahal_ dan dalam Sep...

Nas : Kis 7:38

Yang dimaksudkan adalah Israel sebagai umat Allah. Dalam bahasa Ibrani kata yang diterjemahkan "gereja" adalah _qahal_ dan dalam Septuaginta (terjemahan PL dalam bah. Yunani) disebut _ekklesia_ (yaitu: "sidang jemaah" atau "gereja").

  1. 1) Sebagaimana Musa memimpin gereja PL, sedemikian pula Kristus memimpin gereja dari PB. Gereja PB yang disebut "keturunan Abraham" (Gal 3:29; bd. Rom 4:11-18) dan "Israel milik Allah" (Gal 6:16) merupakan kelanjutan dari gereja dalam PL.
  2. 2) Seperti halnya gereja PL, maka gereja dalam PB berada "di padang gurun", yaitu, suatu gereja yang mengembara jauh dari tanah perjanjian (Ibr 11:6-16). Oleh karena itu tidak boleh kita merasa terlalu senang tinggal di dunia ini.

Full Life: Kis 7:42 - ALLAH ... MEMBIARKAN MEREKA. Nas : Kis 7:42 Kata-kata Stefanus ini mencerminkan suatu prinsip yang teguh dalam Alkitab dan sejarah penebusan. Mereka yang bersikeras menyangkal ...

Nas : Kis 7:42

Kata-kata Stefanus ini mencerminkan suatu prinsip yang teguh dalam Alkitab dan sejarah penebusan. Mereka yang bersikeras menyangkal Allah diserahkan kepada pengaruh kejahatan, Iblis, dan kedursilaan (bd. Rom 1:24,28). Bertentangan dengan ajaran populer, Allah tidak terus-menerus mengasihi dan mengampuni tanpa syarat. Ia hanya mengampuni dan menyampaikan kasih-Nya kepada mereka yang hatinya berbalik kepada-Nya dalam pertobatan yang sungguh-sungguh dan ketaatan yang sejati. Murka Allah saja yang menantikan orang yang mengeraskan hati, menentang Roh Kudus, dan menolak untuk menerima keselamatan Allah (Rom 2:4-6,8).

Full Life: Kis 7:44 - MENURUT CONTOH. Nas : Kis 7:44 (Dalam versi Inggris NIV, kata "contoh" diterjemahkan "pola".) Allah selalu memiliki suatu pola ilahi yang harus diikuti oleh umat-N...

Nas : Kis 7:44

(Dalam versi Inggris NIV, kata "contoh" diterjemahkan "pola".) Allah selalu memiliki suatu pola ilahi yang harus diikuti oleh umat-Nya.

  1. 1) Allah mempunyai suatu pola bagi Musa yang berlaku sebagai patokan sepanjang perjanjian yang lama.
    1. (a) Dalam pasal Kel 12:1-51 Allah memberikan Musa petunjuk khusus untuk upacara Paskah di Mesir yang kemudian menjadi pola untuk diikuti semua angkatan Israel.
    2. (b) Dalam pasal Kel 20:1-26 Allah memberikan Musa Sepuluh Hukum sebagai pola dan patokan moral untuk semua angkatan berikutnya.
    3. (c) Dalam pasal Kel 25:1-40, Allah menugaskan Musa untuk membuat suatu kemah suci yang merupakan gambaran dan bayangan tentang hal-hal sorgawi serta penebusan yang direncanakan oleh Allah melalui Tuhan Yesus Kristus di dunia ini. Musa dengan teliti membuat kemah suci dan isinya tepat "menurut contoh" yang ditunjukkan Allah (Kel 25:9,40; bd. Ibr 8:1-5).
  2. 2) Sama seperti Allah mempunyai pola bagi Kemah Suci dalam perjanjian lama, Dia juga mempunyai pola bagi gereja-Nya dalam perjanjian baru. Para rasul PB tidak memutuskan sewenang-wenang bagaimana gereja akan dibentuk. Yang menetapkan pola rasuli bagi gereja adalah Allah Bapa dan Allah Anak lewat apa yang dicatat Roh Kudus dalam Injil-Injil, Kisah Para Rasul, surat-surat kiriman dan surat-surat kepada ketujuh gereja (pasal Wahy 2:1-3:22).
  3. 3) Sayangnya, setelah zaman rasuli, gereja mulai meninggalkan penyataan ilahi itu dan mengubah pola sorgawi Allah serta dari segi kebudayaan dan organisasi menyesuaikan diri menurut gagasan duniawi dan manusiawi. Hal ini telah mengakibatkan berlipatgandanya pola ciptaan manusia ke dalam gereja.
  4. 4) Jikalau gereja Yesus Kristus akan kembali mengalami rencana kuasa dan kehadiran Allah sepenuhnya, ia harus berbalik dari jalannya sendiri dan menganut pola rasuli PB sebagai patokan Allah untuk gereja-Nya selama-lamanya.

Full Life: Kis 7:51 - SELALU MENENTANG ROH KUDUS. Nas : Kis 7:51 Sejarah Israel merupakan kisah suatu bangsa yang berkali-kali menolak untuk menaati Allah mereka dan Firman-Nya. Daripada takluk kep...

Nas : Kis 7:51

Sejarah Israel merupakan kisah suatu bangsa yang berkali-kali menolak untuk menaati Allah mereka dan Firman-Nya. Daripada takluk kepada berbagai pengekangan dari hukum-Nya, hati mereka berpaling kepada cara hidup bangsa-bangsa kafir di sekitar mereka. Mereka membunuh nabi-nabi yang memanggil mereka kepada pertobatan dan yang bernubuat tentang kedatangan Kristus (ayat Kis 7:52-53). Inilah yang dimaksudkan dengan menentang Roh Kudus.

Demikian pula, orang Israel umat Kristus di bawah perjanjian baru harus menyadari kecenderungannya untuk hidup seperti Israel umat Allah di zaman perjanjian lama. Gereja-gereja Kristus bisa berbalik daripada-Nya dan Firman-Nya serta menolak untuk mendengar suara Roh Kudus. Apabila hal itu terjadi, mereka juga akan menerima hukuman dari Allah: kerajaan Allah akan diambil dari mereka (lih. Rom 11:20-22; Wahy 2:1-3:22).

Full Life: Kis 7:55 - MELIHAT ... YESUS BERDIRI. Nas : Kis 7:55 Alkitab pada umumnya menerangkan bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Allah (Kis 2:34; Mr 14:62; Luk 22:69; Kol 3:1). Namun di sini Ye...

Nas : Kis 7:55

Alkitab pada umumnya menerangkan bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Allah (Kis 2:34; Mr 14:62; Luk 22:69; Kol 3:1). Namun di sini Yesus berdiri untuk menyambut orang syahid-Nya yang pertama. Stefanus telah mengakui Kristus di hadapan sesama umat manusia dan mempertahankan imannya. Kini Kristus, sebagai penghormatan terhadap hamba-Nya, mengakuinya di hadapan Bapa Sorgawi. Bagi semua orang percaya setia yang menghampiri saat kematian, Juruselamat berdiri untuk menerima saudara selaku juru syafaat dan pengantara (bd. Mr 8:38; Luk 12:8; Rom 8:34; 1Yoh 2:1).

BIS: Kis 7:37 - sama seperti Ia memilih aku sama seperti Ia memilih aku: atau seperti aku.

sama seperti Ia memilih aku: atau seperti aku.

BIS: Kis 7:46 - Allah yang disembah Yakub Allah yang disembah Yakub: beberapa naskah kuno: bangsa Israel.

Allah yang disembah Yakub: beberapa naskah kuno: bangsa Israel.

Jerusalem: Kis 7:2 - Jawab Stefanus Wejangan Stefanus mulai dengan meringkaskan kisah Abraham dan Yusuf, Kis 7:2-16; kemudian menyajikan dengan panjang lebar kisah Musa, Kis 7:17-43 (bdk...

Wejangan Stefanus mulai dengan meringkaskan kisah Abraham dan Yusuf, Kis 7:2-16; kemudian menyajikan dengan panjang lebar kisah Musa, Kis 7:17-43 (bdk tuduhan yang dilontarkan terhadap Stefanus, Kis 6:11). Stefanus memperlawankan tugas penyelamatan yang dipercayakan Allah kepada Musa dengan sikap umat Israel: menolak, enggan taat, tidak setia. Pokok-pokok ini adalah tradisionil (bdk Ulangan), tetapi di sini disodorkan sehubungan dengan peristiwa yang melahirkan agama Kristen: bicara tentang Musa, Stefanus berpikiran kepada Kristus, yang dilambangkan oleh Musa; sikap umat Israel terhadap Musa masih sikap orang-orang Yahudi terhadap Kristus. Dalam meringkaskan sejarah Israel Stefanus menekankan apa yang bertentangan dengan pendapat bahwa Israel, umat Allah, terikat pada negeri tertentu, Kis 7:2-6 dengan apa yang meremehkan persembahan korban, Kis 7:39-43, dan dengan pembangunan Bait Allah jasmani, Kis 7:44-50: bdk tuduhan yang dilontarkan dalam Kis 6:13. Nampaklah dalam wejangan Stefanus semangat dan pendirian orang-orang Yahudi di perantauan yang berkebudayaan Yunani. Wejangan Stefanus berakhir dengan serangan pedas, Kis 7:51-53, sebagaimana lazim dalam pewartaan Kristen purba, bdk Kis 2:23+

Jerusalem: Kis 7:2 - sebelum ia menetap di Haran Menurut Kej 11:31 penampakan itu terjadi di Haran. Di sini Stefanus bergantung pada sebuah tradisi yang tidak tercantum dalam Kitab Suci.

Menurut Kej 11:31 penampakan itu terjadi di Haran. Di sini Stefanus bergantung pada sebuah tradisi yang tidak tercantum dalam Kitab Suci.

Jerusalem: Kis 7:7 - di tempat ini Stefanus menggantikan gunung Horeb dengan "tempat ini", yakni BAit Allah di Yerusalem.

Stefanus menggantikan gunung Horeb dengan "tempat ini", yakni BAit Allah di Yerusalem.

Jerusalem: Kis 7:16 - Hemor di Sikhem Var: Hemor (bapak) Sikhem, sesuai dengan Kej 33:19; var lain: Hemor anak Sikhem; dan lagi: (anak-anak) Hemor, penduduk Sikhem. Seluruh Kis 7:16 ini me...

Var: Hemor (bapak) Sikhem, sesuai dengan Kej 33:19; var lain: Hemor anak Sikhem; dan lagi: (anak-anak) Hemor, penduduk Sikhem. Seluruh Kis 7:16 ini menuruti sebuah tradisi yang tidak tercantum dalam Kitab Suci.

Jerusalem: Kis 7:23 - berumur empat puluh tahun Ini menurut tradisi Yahudi.

Ini menurut tradisi Yahudi.

Jerusalem: Kis 7:28 - pemimpin dan hakim Dengan membangkitkan Yesus maka Allah mengangkat Dia menjadi "pemimpin", bdk Kis 5:31, dan "hakim", bdk Kis 10:42; 17:31.

Dengan membangkitkan Yesus maka Allah mengangkat Dia menjadi "pemimpin", bdk Kis 5:31, dan "hakim", bdk Kis 10:42; 17:31.

Jerusalem: Kis 7:29 - Mendengar perkataan itu Menurut Kel 2:15 Musa melarikan diri karena takut akan Firaun, tetapi menurut Stefanus karena ditolak oleh kaum sebangsanya.

Menurut Kel 2:15 Musa melarikan diri karena takut akan Firaun, tetapi menurut Stefanus karena ditolak oleh kaum sebangsanya.

Jerusalem: Kis 7:35 - mereka tolak Kitab Suci tidak menggunakan kata kerja itu sehubungan dengan Musa. Tetapi dalam Kis 3:13-14 dipakai sehubungan dengan Yesus

Kitab Suci tidak menggunakan kata kerja itu sehubungan dengan Musa. Tetapi dalam Kis 3:13-14 dipakai sehubungan dengan Yesus

Jerusalem: Kis 7:35 - penyelamat Kitab Suci tidak pernah memberikan gelar itu kepada Musa. Kristus yang dilambangkan Musa, membayangi pralambangNya.

Kitab Suci tidak pernah memberikan gelar itu kepada Musa. Kristus yang dilambangkan Musa, membayangi pralambangNya.

Jerusalem: Kis 7:37 - Seorang nabi Ayat yang dianggap mengenai Mesias itu sudah dikutip dalam Kis 3:22. Nabi itu, yakni Mesias, harus memegang peranan yang serupa dengan peranan Musa, M...

Ayat yang dianggap mengenai Mesias itu sudah dikutip dalam Kis 3:22. Nabi itu, yakni Mesias, harus memegang peranan yang serupa dengan peranan Musa, Mat 16:14+; Yoh 1:21+.

Jerusalem: Kis 7:38 - sidang jemaah Kata Yunani "Ekklesia" ini menjadi Gereja dalam peristilahan kita, bdk Kis 5:11+; Mat 16:18+. Dalam Ula 4:10; bdk Kis 18:16; 4:10; 23:29, kata itu ber...

Kata Yunani "Ekklesia" ini menjadi Gereja dalam peristilahan kita, bdk Kis 5:11+; Mat 16:18+. Dalam Ula 4:10; bdk Kis 18:16; 4:10; 23:29, kata itu berarti: jemaat di gurun yang sedang berkumpul, bdk Kel 12:16; Ima 23:3; Bil 29:1. Gereja, ialah umat orang-orang kudus yang baru, Kis 9:13+, menjadi pewaris umat yang lama itu

Jerusalem: Kis 7:38 - di antara malaikat Musa bertindak sebagai pengantara antara "malaikat" dan umat. Dalam nas-nas yang paling tua maka "malaikat Yahwe" tidak lain kecuali Yahwe sendiri yan...

Musa bertindak sebagai pengantara antara "malaikat" dan umat. Dalam nas-nas yang paling tua maka "malaikat Yahwe" tidak lain kecuali Yahwe sendiri yang menyatakan diri, Kej 16:7, bdk Mat 1:20+. Tetapi kemudian orang menekankan transendensi Allah dan malaikat Yahwe dibedakan dengan Yahwe sendiri. Maka Musa tidak langsung berhubungan dengan Allah melainkan dengan seseorang atau beberapa malaikat. Bekas pikiran itu terdapat dalam Gal 3:19; Ibr 2:2

Jerusalem: Kis 7:38 - firman-firman yang hidup Pelaksanaan hukum Taurat yang memberikan kehidupan, Ula 4:1; 8:1,3; 30:15-16,19-20; Ima 18:5, yang dikutip dalam Gal 3:12; Rom 10:5; maka hukum Taurat...

Pelaksanaan hukum Taurat yang memberikan kehidupan, Ula 4:1; 8:1,3; 30:15-16,19-20; Ima 18:5, yang dikutip dalam Gal 3:12; Rom 10:5; maka hukum Taurat disebutkan sebagai "perintah-perintah/penetapan-penetapan kehidupan", Yeh 33:15; Bar 3:9. Menurut pandangan Kristen, "firman yang hidup" ialah pewartaan injil, Fili 2:16; bdk Kis 5:20, artinya "kabar/firman keselamatan", Kis 13:26. Sebagai sumber kehidupan maka firman Allah sendiri menjadi "hidup", bdk Ibr 4:12; 1Pe 1:23. Akhirnya Yesus sendiri menjadi "Firman Hidup', 1Yo 1:1.

Jerusalem: Kis 7:39 - ke tanah Mesir bdk Bil 14:3 dan Kel 16:3. Bdk juga Yeh 20:8-14.

bdk Bil 14:3 dan Kel 16:3. Bdk juga Yeh 20:8-14.

Jerusalem: Kis 7:42 - bala tentara langit Ialah perbintangan yang kerap didewakan, bdk Ula 4:19; 17:3; 2Ra 21:3-5; Yer 8:2; 19:13; Zef 1:5.

Ialah perbintangan yang kerap didewakan, bdk Ula 4:19; 17:3; 2Ra 21:3-5; Yer 8:2; 19:13; Zef 1:5.

Jerusalem: Kis 7:46 - bagi Allah Yakub Var: bagi Yakub.

Var: bagi Yakub.

Jerusalem: Kis 7:51 - Roh Kudus Ialah Roh Kudus yang berbicara dengan perantaraan Musa dan para nabi.

Ialah Roh Kudus yang berbicara dengan perantaraan Musa dan para nabi.

Jerusalem: Kis 7:55 - melihat kemuliaan Allah Penglihatan Stefanus ini harus dihubungkan dengan perubahan rupa yang disebutkan dalam Kis 6:15+.

Penglihatan Stefanus ini harus dihubungkan dengan perubahan rupa yang disebutkan dalam Kis 6:15+.

Jerusalem: Kis 7:56 - berdiri Anak Manusia di sini berdiri, pada hal menurut Luk 22:69 dsj Ia duduk. Barangkali Ia berdiri sebagai saksi bagi Stefanus.

Anak Manusia di sini berdiri, pada hal menurut Luk 22:69 dsj Ia duduk. Barangkali Ia berdiri sebagai saksi bagi Stefanus.

Jerusalem: Kis 7:58 - saksi-saksi Ialah saksi-saksi palsu yang disebutkan dalam Kis 6:13-14. Saksi-saksi mengenai tuduhan yang dilontarkan wajib sebagai yang pertama melaksanakan keput...

Ialah saksi-saksi palsu yang disebutkan dalam Kis 6:13-14. Saksi-saksi mengenai tuduhan yang dilontarkan wajib sebagai yang pertama melaksanakan keputusan yang diambil; Ula 17:7

Jerusalem: Kis 7:58 - Saulus Ialah Paulus.

Ialah Paulus.

Jerusalem: Kis 7:59 - melemparinya Dengan tidak diadili oleh Mahkamah Agama menurut aturan dan hukum Stefanus dibunuh secara liar. Ini barangkali sesuai dengan kenyataan historis. Lukas...

Dengan tidak diadili oleh Mahkamah Agama menurut aturan dan hukum Stefanus dibunuh secara liar. Ini barangkali sesuai dengan kenyataan historis. Lukas menggambarkan peristiwa itu sebagai pengadilan teratur dengan maksud menyerupakan kemartiran Stefanus dengan kemartiran Yesus

Ref. Silang FULL: Kis 7:2 - dan bapa-bapa // yang Mahamulia // di Haran · dan bapa-bapa: Kis 22:1 · yang Mahamulia: Mazm 29:3 · di Haran: Kej 11:31; 15:7

· dan bapa-bapa: Kis 22:1

· yang Mahamulia: Mazm 29:3

· di Haran: Kej 11:31; 15:7

Ref. Silang FULL: Kis 7:3 - Kutunjukkan kepadamu · Kutunjukkan kepadamu: Kej 12:1

· Kutunjukkan kepadamu: Kej 12:1

Ref. Silang FULL: Kis 7:4 - kamu diam · kamu diam: Kej 12:5

· kamu diam: Kej 12:5

Ref. Silang FULL: Kis 7:5 - milik pusaka // tanah itu · milik pusaka: Ibr 11:13 · tanah itu: Kej 12:7; 17:8; 26:3

· milik pusaka: Ibr 11:13

· tanah itu: Kej 12:7; 17:8; 26:3

Ref. Silang FULL: Kis 7:6 - ratus tahun · ratus tahun: Kel 1:8-11; 12:40

· ratus tahun: Kel 1:8-11; 12:40

Ref. Silang FULL: Kis 7:7 - tempat ini · tempat ini: Kej 15:13,14; Kel 3:12

· tempat ini: Kej 15:13,14; Kel 3:12

Ref. Silang FULL: Kis 7:8 - perjanjian sunat // yang kedelapan // memperanakkan Yakub // bapa leluhur · perjanjian sunat: Kej 17:9-14 · yang kedelapan: Kej 21:2-4 · memperanakkan Yakub: Kej 25:26 · bapa leluhur: Kej 29:31-35...

· perjanjian sunat: Kej 17:9-14

· yang kedelapan: Kej 21:2-4

· memperanakkan Yakub: Kej 25:26

· bapa leluhur: Kej 29:31-35; 30:5-13,17-24; 35:16-18,22-26

Ref. Silang FULL: Kis 7:9 - menjual Yusuf // tanah Mesir // menyertai dia · menjual Yusuf: Kej 37:4,11 · tanah Mesir: Kej 37:28; Mazm 105:17 · menyertai dia: Kej 39:2,21,23; Hag 2:5

· menjual Yusuf: Kej 37:4,11

· tanah Mesir: Kej 37:28; Mazm 105:17

· menyertai dia: Kej 39:2,21,23; Hag 2:5

Ref. Silang FULL: Kis 7:10 - seluruh istananya · seluruh istananya: Kej 41:37-43; Mazm 105:20-22

· seluruh istananya: Kej 41:37-43; Mazm 105:20-22

Ref. Silang FULL: Kis 7:11 - mendapat makanan · mendapat makanan: Kej 41:54

· mendapat makanan: Kej 41:54

Ref. Silang FULL: Kis 7:12 - yang pertama · yang pertama: Kej 42:1,2

· yang pertama: Kej 42:1,2

Ref. Silang FULL: Kis 7:13 - memperkenalkan dirinya // usul Yusuf · memperkenalkan dirinya: Kej 45:1-4 · usul Yusuf: Kej 45:16

· memperkenalkan dirinya: Kej 45:1-4

· usul Yusuf: Kej 45:16

Ref. Silang FULL: Kis 7:14 - sanak saudaranya // jiwa banyaknya · sanak saudaranya: Kej 45:9,10 · jiwa banyaknya: Kej 46:26,27; Kel 1:5; Ul 10:22

· sanak saudaranya: Kej 45:9,10

· jiwa banyaknya: Kej 46:26,27; Kel 1:5; Ul 10:22

Ref. Silang FULL: Kis 7:15 - ia meninggal · ia meninggal: Kej 46:5-7; 49:33; Kel 1:6

· ia meninggal: Kej 46:5-7; 49:33; Kel 1:6

Ref. Silang FULL: Kis 7:16 - uang perak · uang perak: Kej 23:16-20; 33:18,19; 50:13; Yos 24:32

Ref. Silang FULL: Kis 7:17 - makin bertambah · makin bertambah: Kel 1:7; Mazm 105:24

· makin bertambah: Kel 1:7; Mazm 105:24

Ref. Silang FULL: Kis 7:18 - tanah Mesir · tanah Mesir: Kel 1:8

· tanah Mesir: Kel 1:8

Ref. Silang FULL: Kis 7:19 - jangan berkembang · jangan berkembang: Kel 1:10-22

· jangan berkembang: Kel 1:10-22

Ref. Silang FULL: Kis 7:20 - di rumah · di rumah: Kel 2:2; Ibr 11:23

· di rumah: Kel 2:2; Ibr 11:23

Ref. Silang FULL: Kis 7:21 - anaknya sendiri · anaknya sendiri: Kel 2:3-10

· anaknya sendiri: Kel 2:3-10

Ref. Silang FULL: Kis 7:22 - orang Mesir · orang Mesir: 1Raj 4:30; Yes 19:11

· orang Mesir: 1Raj 4:30; Yes 19:11

Ref. Silang FULL: Kis 7:27 - atas kami · atas kami: Kej 19:9; Bil 16:13

· atas kami: Kej 19:9; Bil 16:13

Ref. Silang FULL: Kis 7:29 - anak laki-laki · anak laki-laki: Kel 2:11-15

· anak laki-laki: Kel 2:11-15

Ref. Silang FULL: Kis 7:31 - datanglah suara · datanglah suara: Kel 3:1-4

· datanglah suara: Kel 3:1-4

Ref. Silang FULL: Kis 7:32 - nenek moyangmu // lagi melihatnya · nenek moyangmu: Kis 3:13; Kis 3:13 · lagi melihatnya: Kel 3:6

· nenek moyangmu: Kis 3:13; [Lihat FULL. Kis 3:13]

· lagi melihatnya: Kel 3:6

Ref. Silang FULL: Kis 7:33 - adalah tanah · adalah tanah: Kel 3:5; Yos 5:15

· adalah tanah: Kel 3:5; Yos 5:15

Ref. Silang FULL: Kis 7:34 - tanah Mesir · tanah Mesir: Kel 3:7-10

· tanah Mesir: Kel 3:7-10

Ref. Silang FULL: Kis 7:35 - dan hakim · dan hakim: Kis 7:27

· dan hakim: Kis 7:27

Ref. Silang FULL: Kis 7:36 - mereka keluar // dan tanda-tanda // Laut Merah // padang gurun · mereka keluar: Kel 12:41; 33:1 · dan tanda-tanda: Kel 11:10; Yoh 4:48; Yoh 4:48 · Laut Merah: Kel 14:21 · padang gurun: ...

· mereka keluar: Kel 12:41; 33:1

· dan tanda-tanda: Kel 11:10; Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

· Laut Merah: Kel 14:21

· padang gurun: Kel 15:25; 17:5,6

Ref. Silang FULL: Kis 7:37 - antara saudara-saudaramu · antara saudara-saudaramu: Ul 18:15,18; Kis 3:22

· antara saudara-saudaramu: Ul 18:15,18; Kis 3:22

Ref. Silang FULL: Kis 7:38 - antara malaikat // nenek moyang // menerima firman-firman // kepada kamu · antara malaikat: Kis 7:53 · nenek moyang: Kel 19:17; Im 27:34 · menerima firman-firman: Ul 32:45-47; Ibr 4:12 · kepada k...

· antara malaikat: Kis 7:53

· nenek moyang: Kel 19:17; Im 27:34

· menerima firman-firman: Ul 32:45-47; Ibr 4:12

· kepada kamu: Rom 3:2

Ref. Silang FULL: Kis 7:39 - tanah Mesir · tanah Mesir: Bil 14:3,4

· tanah Mesir: Bil 14:3,4

Ref. Silang FULL: Kis 7:40 - dengan dia · dengan dia: Kel 32:1,23

· dengan dia: Kel 32:1,23

Ref. Silang FULL: Kis 7:41 - yang dibuat · yang dibuat: Kel 32:4-6; Mazm 106:19,20; Wahy 9:20

· yang dibuat: Kel 32:4-6; Mazm 106:19,20; Wahy 9:20

Ref. Silang FULL: Kis 7:42 - Maka berpalinglah // tentara langit · Maka berpalinglah: Yos 24:20; Yes 63:10 · tentara langit: Yer 19:13

· Maka berpalinglah: Yos 24:20; Yes 63:10

· tentara langit: Yer 19:13

Ref. Silang FULL: Kis 7:43 - dalam pembuangan · dalam pembuangan: Am 5:25-27

· dalam pembuangan: Am 5:25-27

Ref. Silang FULL: Kis 7:44 - Kemah Kesaksian // telah dilihatnya · Kemah Kesaksian: Kel 38:21; Bil 1:50; 17:7 · telah dilihatnya: Kel 25:8,9,40

· Kemah Kesaksian: Kel 38:21; Bil 1:50; 17:7

· telah dilihatnya: Kel 25:8,9,40

Ref. Silang FULL: Kis 7:45 - moyang kita // zaman Daud · moyang kita: Yos 3:14-17; 18:1; 23:9; 24:18; Mazm 44:3 · zaman Daud: 2Sam 7:2,6

· moyang kita: Yos 3:14-17; 18:1; 23:9; 24:18; Mazm 44:3

· zaman Daud: 2Sam 7:2,6

Ref. Silang FULL: Kis 7:46 - Allah Yakub · Allah Yakub: 2Sam 7:8-16; 1Raj 8:17; Mazm 132:1-5

· Allah Yakub: 2Sam 7:8-16; 1Raj 8:17; Mazm 132:1-5

Ref. Silang FULL: Kis 7:47 - untuk Allah · untuk Allah: 1Raj 6:1-38

· untuk Allah: 1Raj 6:1-38

Ref. Silang FULL: Kis 7:48 - Yang Mahatinggi // tangan manusia · Yang Mahatinggi: Mr 5:7; Mr 5:7 · tangan manusia: 1Raj 8:27; 2Taw 2:6

· Yang Mahatinggi: Mr 5:7; [Lihat FULL. Mr 5:7]

· tangan manusia: 1Raj 8:27; 2Taw 2:6

Ref. Silang FULL: Kis 7:49 - tumpuan kaki-Ku · tumpuan kaki-Ku: Mat 5:34,35

· tumpuan kaki-Ku: Mat 5:34,35

Ref. Silang FULL: Kis 7:50 - semuanya ini · semuanya ini: Yes 66:1,2

· semuanya ini: Yes 66:1,2

Ref. Silang FULL: Kis 7:51 - Hai orang-orang // bersunat hati · Hai orang-orang: Kel 32:9; 33:3,5 · bersunat hati: Im 26:41; Ul 10:16; Yer 4:4; 9:26

· Hai orang-orang: Kel 32:9; 33:3,5

· bersunat hati: Im 26:41; Ul 10:16; Yer 4:4; 9:26

Ref. Silang FULL: Kis 7:52 - tidak dianiaya // kamu bunuh · tidak dianiaya: Mat 5:12; Mat 5:12 · kamu bunuh: Kis 3:14; 1Tes 2:15

· tidak dianiaya: Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]

· kamu bunuh: Kis 3:14; 1Tes 2:15

Ref. Silang FULL: Kis 7:53 - oleh malaikat-malaikat · oleh malaikat-malaikat: Kis 7:38; Gal 3:19; Ibr 2:2

· oleh malaikat-malaikat: Kis 7:38; Gal 3:19; Ibr 2:2

Ref. Silang FULL: Kis 7:54 - tertusuk hati · tertusuk hati: Kis 5:33

· tertusuk hati: Kis 5:33

Ref. Silang FULL: Kis 7:55 - Roh Kudus // kanan Allah · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15 · kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· kanan Allah: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

Ref. Silang FULL: Kis 7:56 - langit terbuka // Anak Manusia · langit terbuka: Mat 3:16; Mat 3:16 · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· langit terbuka: Mat 3:16; [Lihat FULL. Mat 3:16]

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Kis 7:58 - luar kota // lalu melemparinya // Dan saksi-saksi // meletakkan jubah // bernama Saulus · luar kota: Luk 4:29 · lalu melemparinya: Im 24:14,16 · Dan saksi-saksi: Ul 17:7 · meletakkan jubah: Kis 22:20 · b...

· luar kota: Luk 4:29

· lalu melemparinya: Im 24:14,16

· Dan saksi-saksi: Ul 17:7

· meletakkan jubah: Kis 22:20

· bernama Saulus: Kis 8:1

Ref. Silang FULL: Kis 7:59 - terimalah rohku · terimalah rohku: Mazm 31:6; Luk 23:46

· terimalah rohku: Mazm 31:6; Luk 23:46

Ref. Silang FULL: Kis 7:60 - Sambil berlutut // kepada mereka // meninggallah ia · Sambil berlutut: Luk 22:41; Kis 9:40 · kepada mereka: Mat 5:44; Mat 5:44 · meninggallah ia: Mat 9:24; Mat 9:24

· Sambil berlutut: Luk 22:41; Kis 9:40

· kepada mereka: Mat 5:44; [Lihat FULL. Mat 5:44]

· meninggallah ia: Mat 9:24; [Lihat FULL. Mat 9:24]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 7:1-16 - Pembelaan Stefanus Ketika Yesus Tuhan kita memanggil rasul-rasul-Nya untuk dipekerjakan dalam pelayanan dan ikut menderita bagi-Nya, Ia memberi tahu mereka bahwa mes...

Matthew Henry: Kis 7:17-29 - Pembelaan Stefanus Pembelaan Stefanus ( Kis 7:17-29) Di sini Stefanus melanjutkan kisahnya perihal, I. Peningkatan jumlah bangsa Israel secara menakjubkan. O...

Matthew Henry: Kis 7:30-41 - Pembelaan Stefanus Pembelaan Stefanus ( Kis 7:30-41) Di sini Stefanus melanjutkan kisahnya tentang Musa. Ia membiarkan orang menilai sendiri apakah perkataan-perkat...

Matthew Henry: Kis 7:42-50 - Pembelaan Stefanus Pembelaan Stefanus ( Kis 7:42-50) Terdapat dua hal yang dapat kita perhatikan di dalam ayat-ayat ini: I. Stefanus menegur mereka dengan me...

Matthew Henry: Kis 7:51-53 - Pembelaan Stefanus Pembelaan Stefanus ( Kis 7:51-53) Stefanus melanjutkan pembelaannya (yang tampak dari urutannya) untuk menunjukkan bahwa sebagaimana tempat kudusny...

Matthew Henry: Kis 7:54-60 - Pembelaan Stefanus Pembelaan Stefanus ( Kis 7:54-60) Di sini kita membaca perihal kematian martir pertama dari jemaat Kristen. Di dalam kisah ini terdapat sebuah co...

SH: Kis 7:1-22 - Stefanus sang 'apologetik' (Sabtu, 5 Juni 1999) Stefanus sang 'apologetik' Ketika tuduhan dilancarkan di hadapan Mahkamah Agama (Kis. 6:11), Stefanus melakukan pembelaan. Bukan untuk membela d...

SH: Kis 7:1-16 - Pemahaman yang utuh dan menyeluruh (Senin, 23 Juni 2003) Pemahaman yang utuh dan menyeluruh Sekilas tanggapan Stefanus yang memaparkan sejarah umat Israel tampak tidak sesuai dengan pertanyaan yang dia...

SH: Kis 7:1-8 - Anugerah Allah dan respons umat (Rabu, 24 Juni 2009) Anugerah Allah dan respons umat Apa tujuan khotbah Stefanus dalam rangka membela dirinya terhadap tuduhan fitnah? Khotbah panjang itu pada intin...

SH: Kis 7:1-8 - Tidak terkungkung oleh tradisi (Rabu, 29 Juni 2011) Tidak terkungkung oleh tradisi "Menghina tempat kudus dan hukum Taurat" adalah dakwaan yang diajukan oleh musuh-musuh iman Stefanus untuk memperhadap...

SH: Kis 7:1-53 - Kesaksianmu dan Pembelaanmu (Sabtu, 2 Juni 2018) Kesaksianmu dan Pembelaanmu Seorang tertuduh sudah sepatutnya mendapatkan hak untuk melakukan pembelaan diri, baik secara pribadi maupun oleh tim pem...

SH: Kis 7:9-22 - Bibit dosa (Kamis, 25 Juni 2009) Bibit dosa Apa yang ingin disampaikan Stefanus dari kisah Yusuf yang dijual oleh saudara-saudaranya? Pertama-tama, kisah ini bisa menjadi ...

SH: Kis 7:9-22 - Jangan menolak Juruselamat (Kamis, 30 Juni 2011) Jangan menolak Juruselamat Setelah menyinggung tentang Abraham yang dipilih karena anugerah Allah dan Abraham meresponsnya dengan iman dan taat kepad...

SH: Kis 7:17-29 - Cara dan waktu Tuhan (Selasa, 24 Juni 2003) Cara dan waktu Tuhan Dalam pembelaannya di hadapan Imam Besar, Stefanus mengisahkan kembali perjalanan hidup bangsanya yang harus melewati ...

SH: Kis 7:23-34 - Menyikapi penolakan (Minggu, 6 Juni 1999) Menyikapi penolakan Ketika Anda berniat menunjukkan sikap peduli dan penuh perhatian kepada seseorang atau sekelompok orang, tetapi niat baik An...

SH: Kis 7:23-34 - Musa pun ditolak! (Jumat, 26 Juni 2009) Musa pun ditolak! Orang suka mengaitkan Musa dengan Yesus dalam hubungan tipologis. Yaitu bagaimana Musa dipilih dan dipanggil untuk memerdekaka...

SH: Kis 7:23-34 - Penyelamatan Allah (Jumat, 1 Juli 2011) Penyelamatan Allah Iman kita berakar kuat pada sejarah iman umat Allah. Ini terlihat dari kisah Musa yang dipaparkan oleh Stefanus dalam pembelaannya...

SH: Kis 7:30-43 - Melepaskan takhta (Rabu, 25 Juni 2003) Melepaskan takhta Jika berbicara soal utang, mungkin bangsa Israel berutang paling besar kepada Musa. Tidak ada seorang nabi pun yang pernah ...

SH: Kis 7:35-53 - Dipanggil untuk taat dan beribadah kepada Allah (Senin, 7 Juni 1999) Dipanggil untuk taat dan beribadah kepada Allah Dalam banyak hal, manusia memang sering mendua hati. Ingin bebas, namun enggan melepas belenggu ...

SH: Kis 7:35-43 - Juruselamat yang ditolak (Minggu, 28 Juni 2009) Juruselamat yang ditolak Khotbah Stefanus diteruskan dengan fokus pada penolakan Israel terhadap Musa. Mengapa Musa ditolak? Padahal melalui Mus...

SH: Kis 7:35-43 - Biarkan Kristus berkuasa (Sabtu, 2 Juli 2011) Biarkan Kristus berkuasa Kisah orang beriman di Perjanjian Lama merupakan gaung yang mendahului kabar Injil dan bayang-bayang yang mendahului sosok y...

SH: Kis 7:44-53 - Hati yang keras (Kamis, 26 Juni 2003) Hati yang keras Menjelang akhir pembelaannya, Stefanus menyampaikan teguran kepada para imam bahwa mereka adalah orang yang keras kepala dan ...

SH: Kis 7:44-53 - Puncak pemberontakan (Senin, 29 Juni 2009) Puncak pemberontakan Bagian akhir khotbah Stefanus ini bernada sangat keras. Pemaparan fase demi fase kehidupan umat Israel yang berisikan ...

SH: Kis 7:44-53 - Jangan batasi Tuhan (Senin, 4 Juli 2011) Jangan batasi Tuhan Meski Allah sudah menyatakan diri kepada manusia, masih saja manusia berusaha mencari sesembahan lain. Namun Allah selalu berinis...

SH: Kis 7:54--8:3 - Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah (Selasa, 8 Juni 1999) Berani mengatakan yang benar dan menyatakan yang salah Banyak orang tidak mau memberikan peringatan apalagi mengatakan kesalahan mereka, demi me...

SH: Kis 7:54--8:3 - Memang seharusnya terjadi (Jumat, 27 Juni 2003) Memang seharusnya terjadi Bagian firman Tuhan yang baru saja kita baca ini merupakan salah satu kisah yang paling mengharukan. Ada beberapa hal ...

SH: Kis 7:54--8:3 - Martir perdana (Selasa, 30 Juni 2009) Martir perdana Seakan belum cukup umat Tuhan menyalibkan Yesus, kini mereka menambah dosa dengan membunuh seorang murid Tuhan. Kisah martir perd...

SH: Kis 7:54--8:1 - Religius, tetapi terpisah dari Kristus (Selasa, 5 Juli 2011) Religius, tetapi terpisah dari Kristus Bagai orang kebakaran jenggot begitulah kira-kira yang terjadi pada anggota Mahkamah Agama saat itu. Bayangkan...

SH: Kis 7:54--8:1 - Kematian Membuahkan Penyelamatan (Minggu, 3 Juni 2018) Kematian Membuahkan Penyelamatan Di tengah kebencian, permusuhan, geram, amarah, amukan massa yang membabi buta, dapatkah kita melihat Tuhan? Biasany...

Utley: Kis 7:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:1-81 Kata Imam Besar: "Benarkah demikian?" 2 Jawab Stefanus: "hai Saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang...

Utley: Kis 7:9-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:9-109 karena IRIHATI, BAPA-BAPA LELUHUR KITA MENUAL YUSUF KE TANAH MESIR, tetapi Allah MENYERTAI DIA. 10 Dan melepaskanny...

Utley: Kis 7:11-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:11-1611 Maka DATANGLAH BAHAYA KELAPARAN MENIMPA SELURUH TANAH MESIR DAN TANAH KANAAN, serta penderitaan yang besar, sehin...

Utley: Kis 7:17-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:17-2917 Tetapi makin dekat genapnya janji yang diberikan Allah kepada Abraham, makin bertambah banyaklah bangsa itu di Me...

Utley: Kis 7:30-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:30-3430 Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun gunung Sinai di dalam nyala ap...

Utley: Kis 7:35-43 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:35-4335 Musa ini, yang telah mereka tolak, dengan mengatakan: "SIAPAKAH YANG MENGANGKAT ENGKAU MENJADI PEMIMPIN DAN HAKIM...

Utley: Kis 7:44-50 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:44-5044 Kemah kesaksian ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan Allah kepada Musa untuk me...

Utley: Kis 7:51-53 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:51-5351 "Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan teling, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama...

Utley: Kis 7:54-60 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 7:54-6054 Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyam...

Topik Teologia: Kis 7:2 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah yang Mulia Maz 29:3 Kis 7...

Topik Teologia: Kis 7:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah atas Lahirnya Sejarah Israel ...

Topik Teologia: Kis 7:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Memperbolehkan Kesengsaraan ...

Topik Teologia: Kis 7:14 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Kejadian-kejadian Sejarah Kel 20:1-2 Ula 6:5-10,12 2Ra 17:36 Maz 78:1-4,13-16,23...

Topik Teologia: Kis 7:30 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah Dalam Perkembangan Negara Isr...

Topik Teologia: Kis 7:31 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Suara Kel 3:4 Kel 19:19 Ula 4:12 1Ra 19:12-13 Ayu 37:...

Topik Teologia: Kis 7:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Abraham, Ishak dan Yakub ...

Topik Teologia: Kis 7:35 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah Dalam Perkembangan Negara Isr...

Topik Teologia: Kis 7:37 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Kis 7:38 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Perkataan-perkataan Hidup ...

Topik Teologia: Kis 7:39 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Pengudusan Pengudusan: Sasaran dan Hambatan Hambatan Pengudusan Murtad Meniad...

Topik Teologia: Kis 7:40 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Murtad Ula 32:15 Yer 17:5-6 Yeh 18:24...

Topik Teologia: Kis 7:42 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Para Nabi ...

Topik Teologia: Kis 7:46 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Yakub 2Sa 23:1 Maz 20:2 M...

Topik Teologia: Kis 7:48 - -- Allah yang Berpribadi Mahatinggi (Yun.: Hupsistos) Luk 1:32 Luk 1:35 Luk 1:76 Luk 6:35 Kis 7:48 Allah itu Roh Maz 139...

Topik Teologia: Kis 7:49 - -- Allah yang Berpribadi Allah Berdiam di Surga Ula 4:36 Ula 4:39 Ula 26:15 1Sa 2:10 1Ra 8:30,32,34,36,39,43,45,49 2Ta 6:21 2Ta 20...

Topik Teologia: Kis 7:50 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Roh Maz 139:7-12 Yes 31:3 Yoh 4:24 Kis 7:48-50 2Ko 3:17-18

Topik Teologia: Kis 7:51 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Ditolak Kis 6:9-10 Kis 7:51 Sifat Ilahi Roh Kudus Menolak Roh Kej 6:3 Kis 6:9-10 ...

Topik Teologia: Kis 7:52 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Seorang yang Benar Kis 3:14 Kis 7:52 Kis 22:14 1Yo 2:1 Wahyu Allah ...

Topik Teologia: Kis 7:53 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaika...

Topik Teologia: Kis 7:54 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah dalam Gereja yang Muncul dari Orang Tidak Percaya Kematian Sahid Orang Percaya...

Topik Teologia: Kis 7:55 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Tempat Kediaman Allah Allah Berdiam di Surga Ula 4:36 Ula 4:39 Ula 26:15 1Sa 2:10...

Topik Teologia: Kis 7:56 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Tempat Kediaman Allah Allah Berdiam di Surga Ula 4:36 Ula 4:39 Ula 26:15 1Sa 2:10...

Topik Teologia: Kis 7:59 - -- Yesus Kristus Yesus Menerima Permohonan Doa, Pujian dan Penyembahan Kis 3:16 Kis 7:59-60 Kis 22:16 Rom 1:7 Rom 10:9-12 1Ko 11:2...

Topik Teologia: Kis 7:60 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Menerima Permohonan Doa, Pujian dan Penyembahan ...

TFTWMS: Kis 6:13--7:53 - Iman Yang Layak Untuk Dipertahankan IMAN YANG LAYAK UNTUK DIPERTAHANKAN (Kis 6:13-7:53) Sekali lagi seorang pengikut Kristus berdiri di hadapan Sanhedrin. 27Mereka yang telah menyeret S...

TFTWMS: Kis 7:2-16 - Perjanjian Yang Kudus PERJANJIAN YANG KUDUS (Kis 7:2-16) Stefanus mulai, "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah!" (7:2a). Perkataannya itu memperlihatk...

TFTWMS: Kis 7:17-43 - Perintah Yang Kudus PERINTAH YANG KUDUS (Kis 7:17-43) Stefanus telah dituduh menghujat Musa (6:11) dan hukum Taurat (6:13). Inti khotbah dia memaparkan kisah Musa. Ia me...

TFTWMS: Kis 7:44-50 - Persidangan Yang Kudus PERSIDANGAN YANG KUDUS (Kis 7:44-50) Acuan kepada kemah Molokh merupakan suatu mata rantai terhadap bagian ketiga khotbah Stefanus, dimana pertama-ta...

TFTWMS: Kis 7:51-53 - Kesimpulan Yang Mengejutkan KESIMPULAN YANG MENGEJUTKAN (Kis 7:51-53) Dalam ayat 51, suasana penyajian Stefanus berubah secara tiba-tiba dan drastis. Dapatkah ia melihat perasaa...

TFTWMS: Kis 7:54-60 - Iman Yang Layak Untuk Dibayar Dengan Nyawa IMAN YANG LAYAK UNTUK DIBAYAR DENGAN NYAWA (Kis 7:54-60) Tidak ada kesadaran yang muncul. Ayat 54 mencatat, "Ketika anggota-anggota Mahkamah Aga...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kita tidak diberitahu mujizat-mujizat dan tanda-tanda apakah yang Stefanus telah adakan. Kita duga jenisnya sama dengan yang diada...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) BAPAK DAN ANAK SAMA SAJA (Kis 7:2-53) Pelajaran kita yang terakhir merupakan kajian tentang karakter salah seorang pahlawan iman: Stefanus, orang Kr...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 7:2-53) Begitulah sejauh yang Stefanus dapat paparkan dalam khotbahnya yang bagus sekali itu. Para pendengarnya menutup telinga merek...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ini hanyalah khotbah evangelistik yang kurang-lebih disampaikan secara kata per kata oleh pembicara tunggal yang bukan seorang ras...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 2.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA